10 Band Progresif Rock Terbaik Sepanjang Masa

Posted by Unknown Selasa, 16 Juli 2013 0 komentar


Progressive rock atau sering disingkat prog adalah jenis musik yang mulai berkembang di akhir dekade 60-an dan mencapai masa jayanya pada tahun 70-an. Secara sederhana musik Rock Progresif adalah musik yang kompleks diisi banyak elemen musik mulai dari musik klasik hingga tradisional, simfonik, tidak monoton, mengandalkan kepiawaian memainkan alat musik, dan sering berdurasi panjang untuk menampung banyaknya ide dan cerita yang variatif serta komposisi yang berubah – ubah. Digubah dalam komposisi eksperimental pergerakan musik rock terus berlanjut dan berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi instrumentasi. Band apa saja yang sukses masuk dalam jajaran band progresif terbaik sepanjang masa? Daftar ini merupakan hasil dari pilihan pembaca Rolling Stone. Berikut uniknya.com menghimpun.




1.     Dream Theater

Dream Theater adalah salah satu grup progressive metal paling terkemuka di dunia saat ini. Band yang awalnya dibentuk oleh sekelompok mahasiswa Berklee College of Music, Boston, AS, bersama Mike Portnoy, John Petrucci dan John Myung pada tahun 1985, mereka telah merilis delapan album studio, empat rekaman live dan satu album pendek (EP). “Pull Me Under“, yang memukul urutan 10 di chart Mainstream Rock tahun 1992 dan selalu diputar di udara. Untuk sebuah band rock prog, terutama yang dimulai pada pertengahan 1980anitu merupakan  prestasi yang luar biasa.

Dipimpin oleh dewa gitar Jhon Petrucci (juga sebagai seorang produser bersama Mike Portnoy) Dream Theater bermain untuk para fansnya. Namun sangat disayangkan setelah 25 tahun berjalan bersama, Mike Portnoy memutuskan keluar dari band pada tahun 2010. Band metal progresif asal Amerika serikat ini pun sangat populer di Indonesia. Dream Theater dijadwalkan tampil untuk pertama kalinya di Jakarta pada hari sabtu, 21 April 2012, untuk memperkenalkan album barunya “A Dramatic Turn of Events”, juga bersama drummer barunya Mike Mangini.
Dream Theater - Scene eight - The Spirit Carries On

Powered by mp3skull.com








2.     Mars Volta

Bagi sebagian penggemar musik rock, rock prog dimulai pada akhir tahun 1960 oleh King Crimson dan berakhir pada awal tahun 1980 ketika Yes, Genesis dan Rush mencetak hits radio besar dengan singkat. Sementara genre ini sedang memuncak dalam popularitas saat itu, progressif tidak berhenti di situ saja, atau berhenti berkembang. Terbukti dengan munculnya Mars Volta yang memiliki banyak penggemar nya di kalangan anak muda.

 Didirikan pada tahun 2001, oleh gitaris Omar Redriguez Lopez dan vokalis Cedric Bixler Zavala. Akar Mars Volta adalah pecahan dari kelompok At The Drive in, yang menggabungkan  aliran musik rock progressif, krautrock, music America Latin, dan math rock mewarnai sound mereka. Dikenal sangat energik di panggung, Di tahun 2009 band ini memenangkan ajang penghargaan Grammy Award dalam “Best Hard Rock Performance” pada kategori lagu single nya “Wax Simulacra”, dan dikategorikan masuk dalam jajaran band progresif terbaik sepanjang masa oleh majalah Rolling Stone pada tahun 2008.  Mars Volta Telah merilis lima album studio, satu album live, dua album extended plays, dan Sembilan single.   





  3.    Tool

Jika Mars Volta menetapkan musik Prog Rock selama sepuluh tahun terakhir, Tool sebagai band yang menetapkan prog 1990an. Band yang berasal dari Los Angeles, California di bentuk pada tahun 1990, drummer Danny Carey, Gitaris Adam Jones, dan Vokalis Maynard James Keenan. Tool telah memenangkan tiga Grammy Awards dan menjadi top tangga lagu di beberapa Negara.  Kelompok ini mungkin lebih dikenal sebagai pengusung musik prog-metal yang mempertahankan “keyakinan baru”. Band ini  ini telah bersama sama selama 21 tahun, tapi pada saat itu mereka hanya merilis empat LP.Mereka tidak memiliki sesuatu yang bahkan menyurupai hit single,  namun Tool selalu menjadi headline pada setiap arena dan festival musik dunia. Tool yang dipimpin oleh Maynnard Kennean, juga merupakan vokalis dari band A Perfect Circle. 
Tool - Schism

Powered by mp3skull.com




 4.   Emerson, Lake and Palmer

Emerson dan Lake, Jimi Hendix pun sempat bergabung dan membentuk supergrup bernama HELP, singkatan dari “Hendrix, Emerson, Lake & Palmer”. Akibat bentroknya jadwal, rencana mereka tidak langsung dapat direalisasikan. Namun awalnya mereka bertiga (Emerson, Lake, dan Palmer) merencanakan jam session bersama Hendrix setelah konser kedua mereka di Festival Isle of Wight 1970. Hendrix tak lama kemudian meninggal dunia, dan mereka bertiga menamakan diri sebagai Emerson, Lake and Palmer. Di atas panggung, ELP mempertontonkan kemahiran bermusik para virtuoso dipadu konsep teatrikal. Dalam konser-konser megah ELP, mereka memasang karpet Persia, sebuah grand piano yang berputar-putar, panggung perkusi berputar, dan organ Hammond yang dibanting ke sana ke mari untuk menciptakan suara guitar feedback.Emerson, Lake & Palmer (ELP) adalah grup musik rock progresif Inggris. Pada tahun 1970-an, mereka sangat populer, menjual lebih dari 40 juta album dan mengadakan konser-konser besar di seluruh dunia. Sesuai namanya, kelompok ini terdiri dari Keith Emerson (kibor) berasal dari Nice, Greg Lake (gitar, bas, vokal) yang berasal dari King Crimson, dan Carl Palmer (drum, perkusi) berasal dari Rooster ATOMIC.  Bersama
Emerson, Lake, And Palmer - From The Beginning

Powered by mp3skull.com


 5.   Yes

Yes adalah soap opera terpanjang dalam sejarah musik prog rock. Band Klasik English Art Rock yang melibatkan semua kelebihan dan kemuliaan dengan sarat keahliannya, band ini telah mencapai sukses di seluruh dunia dengan warna musik progressif, art dan simfoni yang digabungkan dengan musik rock. Dianggap sebagai salah satu pelopor dari genre progresif, Yes dikenal karena lagu-lagu mereka yang panjang, lirik yang mistis, musik yang rumit, dan set panggung yang luar biasa. Tidak kurang dari 17 musisi telah menjadi bagian dari band line-up, dengan bentuk yang sekarang terdiri dari penyanyi Jon Davison , bassis Chris Squire , gitaris Steve Howe , drummer Alan White , dan keyboardist Geoff Downes . Ya telah menjual hampir 50 juta album di seluruh dunia, termasuk 13,5 juta unit bersertifikat di Amerika Serikat. Yes akan melakukan tur nya di Selandia Baru dan Australia pada april 2012. Yes juga akan merencanakan singgah di beberapa Negara lainnya,  diantaranya Jepang, Hawaii dan Indonesia.
Yes - Owner Of A Lonely Heart

Powered by mp3skull.com

6.   King Crimson

Mereka telah mempengaruhi banyak seniman music kontemporer dan telah mendapatkan penggemar yang berdedikasi tinggi (meskipun lagu lagu nya jarang di dengar di radio dan jarang diputarkan video musik nya).Ledakan besar pada musik Prog Rock adalah dimulai pada tahun 1969, dimana sebuah band, King Crimson lahir. Didirikan di London, Inggris, oleh gitaris Robert Fripp dan drummer Michael Giles,  banyak yang mengatakan King Crimson sebagai pendiri dari kelompok musik rock progresif. Band ini telah memasukan beragam pengaruh instrumentasi selama sejarah mereka bermusik (termasuk jazz dan folk musik, klasik dan musik experimental, psychedelic rock , hard rock dan heavy metal ,  new wave , gamelan  , electronica  dan drum and bass ). King Crimson memiliki campuran personil, yaitu Inggris dan Amerika sejak tahun 1981. Dengan debut album nya yang bernama “In the Court of the Crimson King” secara luas dianggap sebagai tonggak dalam aliran music  rock progresif. The band line-up (berpusat pada gitaris Robert Fripp) telah mengalami beberapa kali perubahan anggota sepanjang keberadaan mereka, dengan delapan belas musisi dan dua lyricsts. Meskipun adanya stabilitas telah di capai mereka dalam berkiprah di dunia musik, Adrian Belew lah yang masih terus konsisten bersama King Crimson sejak tahun 1981.
King Crimson - Epitaph

Powered by mp3skull.com





 7.   Jethro Tull
memasukan elemen elemen music klasik, folk dan etnik musik, jazz dan art rock ke dalam musik mereka. Salah satu seniman musik terlaris di dunia, band ini telah menjual lebih dari 60 juta album dari seluruh dunia, dalam karir bermusik yang telah berlangsung selama lebih dari empat puluh tahun.  Memiliki 23 album, melakukan tur dibanyak Negara, dan pada tahun 1987 pada album LP mereka yang berjudul “Crest of a Knave” memenangkan Grammy Award untuk “Best Hard Rock/Metal Performance Vocal or Instrumental” mengalahkan Metalica.Sebuah band rock Inggris bernama Jethro Tull “Aqualung” dirilis, efektif melahirkan seruling berbasis progressive rock sebagai raksasa komersial. Di bentuk pada tahun 1967, Musik mereka ditandai oleh, vokal lagu dan seruling/flute  dari Ian Anderson, yang telah memimpin band ini sejak pendiriannya, dan gitaris Martin Barre, yang telah bergabung dengan band sejak tahun 1969.  Jethro Tull awal nya bermain Blues Rock dengan warna experimental dan
Jethro Tull - Aqualung

Powered by mp3skull.com



8.  Genesis
Genesis adalah kelompok music progresif rock asal britania raya yang dibentuk pada tahun 1967. Awal didirikannya Genesis oleh Tony Banks, Mike Rutherford, Peter Gabriel, Anthony Philips dan Chris Stewart. Genesis masuk dalam Top 30 artis dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan sekitar 150 juta album terjual di seluruh dunia.
   kompleks dan instrumentasi yang rumit. Yang juga terkenal dari Genesis ialah saat mereka konser. Konser dengan konsep theatrical experiences, dengan desain panggung yang inovatif, kembang api, kostum mewah, dan panggung cerita. Genesis telah mengalami beberapa perubahan personil sepanjang sejarahnya. Karena demam panggung memaksa anggota pendiri Anthony Phillips untuk keluar dari band pada tahun 1970. Pada tahun 1975, Collins tadinya sebagai drummer, telah mengambil alih menjadi vokalis menggantikan Peter Gabriels. Sebagai ultra-karismatik frontman phil collins telah meninggalkan band pada tahun 1996 untuk solo karirnya. Genesis telah praktis bubar saat ini, tapi anggota-anggotanya (termasuk Phillips dan Hackett, tapi tak termasuk Gabriel) masih berhubungan dengan teratur, dan belum pernah menolak kemungkinan reuni. Tony Banks melukiskan Genesis “sedang istirahat” dan Collins (yang mulai kehilangan pendengaran di satu telinganya) pernah menyatakan harapan bahwa formasi klasik Genesis akan bermain musik bersama lagi suatu saat.Genesis telah dilantik masuk ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2010.    Pada akhir 1960, mereka merilis album pertamanya, Genesis awalnya dianggap sebagai band dengan aliran pop experiment, lalu populer dengan melodic pop. Kemudian selama setahun (dimulai dengan album kedua mereka pada pertengahan 1970) mereka dengan cepat berkembang menjadi progressive rock band dengan penggabungan struktur lagu yang
Genesis - Firth Of Fifth

Powered by mp3skull.com


9.   Pink Floyd
Band progressive lagi lagi berasal dari inggris ini terkenal dengan lagu lagunya yang bergaya bombastis, selalu menggebrak dengan warna musik yang berbeda beda, dengan album yang sukses laris dan konser konser nya yang megah.Banyak dijadikan sebagai influence bagi musisi saat ini. Pink floyd adalah salah satu band rock yang paling sukses secara komersil, pada saat ini berada di peringkat tujuh dalam jumlah album terjual di seluruh dunia. Mereka dibentuk pada tahun 1966 dan terakhir merekam album studio nya pada tahun 1994.
Asal nama Pink Floyd berasal dari dua musisi blues, Pink Anderson dan Floyd Council. Mereka awalnya terdiri dari Bob Klose (gitar), Syd Barrett (vokal, gitar), Richard Wright (keyboards), Roger Waters (bass) dan Nick Mason (drums). Mereka awalnya menyanyikan lagu-lagu cover rhythm and blues seperti “Louie, Louie”. Barrett kemudian menulis lagu-lagu yang dipengaruhi dari budaya  Amerika, rock psychedelic dan humor dan literatur Inggris. Pada bulan Januari 1968, gitaris David Gilmour bergabung untuk menggantikan Barrett yang kondisi kejiwaannya sangat tidak stabil. Pada awalnya mereka berharap Barrett akan sembuh dan kembali memimpin band, tapi ditambah dengan penggunaan LSD ia semakin tidak terkendali.
Meledak dengan Dark Side of The Moon, yang merupakan album konsep dengan tema tekanan tekanan dari kehidupan modern. “The Dark Side” menjadi hit Top 20 di Amerika dengan hit single nya Money dan memecahkan banyak rekor dan membuatnya menjadi salah satu album paling laris di dunia.
Pada tahun 2005 tampaknya mustahil untuk membayangkan klasik line up dari pink floyd berdiri di panggung yang sama lagi di konser Live 8 di London. Reuni di atas panggung ini menghadirkan lagu-lagu “Breathe“, “Money“, “Wish You Were Here” dan “Comfortably Numb“. Ini adalah konser bersama mereka yang pertama dalam 24 tahun, karena konser terakhir mereka bersama Waters adalah di Earl’s Court di London tahun 1981. Dan hanya 3 tahun sesudah reuni itu keybordist Richard Wright meninggal.
Pink Floyd - Time

Powered by mp3skull.com


10.   Rush
Nah, untuk posisi top dari polling oleh pembaca Rolling Stone, dimenangkan oleh kelompok musik progressive rock asal Kanada yang beranggotakan tiga orang yaitu Rush. Trio Kanada ini memiliki komunitas penggemar paling intens dan antusias dalam semua komunitas musik rock di dunia. Band ini selalu berkomitmen, sementara band band lain sudah rusak karena keserakahan dan kemalasan, Rush masih tetap mempertahankan line up sejak tahun 1975 dan konser mereka selalu memukau para penggemarnya.
Mereka telah berkarir selama lebih dari 30 tahun dan telah merilis tujuh belas album studio dan berbagai konser dan kompilasi lainnya. Didirikan di tahun 1968 di Toronto oleh Alex Lifeson (gitar), Geddy Lee (vokal, bass, keyboards) dan John Rutsey (drums), Rush telah mengalami pergantian personel hanya satu kali ketika Rutsey keluar setelah album pertama dan digantikan oleh Neil Peart. Lee dan Lifeson biasanya menulis musik dan Peart liriknya, walaupun selalu ada kekecualian dari waktu ke waktu.
Semua anggota Rush dikenal sebagai musisi handal dan komposisi mereka kadang cukup rumit dengan irama yang tidak konvensional seperti 7/8 atau sinkopasi, juga solo gitar dan lirik bertemakan serius. Rush telah berkali-kali diberi penghargaan Juno Award, yaitu Grammy Award versi Kanada. Selain itu Lee, Lifeson dan Peart semua adalah anggota Order of Canada (Bintang jasa ini dianugerahkan bagi warga negara Kanada yang berprestasi).  (**)
Rush - Tom Sawyer

Powered by mp3skull.com

Sumber
Sumber
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 10 Band Progresif Rock Terbaik Sepanjang Masa
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://hudayajati18.blogspot.com/2013/07/10-band-progresif-rock-terbaik.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Belajar SEO dan Blog support Bamz | Copyright of Hudayajati18.